Senin, 12 Desember 2011

Google Maps Indoors, Layanan Baru dari Google

Walaupun sudah berhasil memetakan seluruh permukaan bumi melalui satelit, Google nampaknya masih belum puas. Merekapun berusaha merambah jauh kedalam lagi, kedalam gedung bertingkat, bandara, mall, dan bisa saja suatu saat nanti, semua orang bisa melihat isi kamar mandimu.

Ya, kemungkinan jika akan ada petugas Google yang mengetuk pintumu dan meminta ijin mengambil gambar seisi rumah memang sangat tipis, tapi bukan berarti tak mungkin. Masalahnya kita seringkali tak tahu apa yang ada di benak perusahaan internet raksasa ini. Termasuk ketika mereka memutuskan untuk memasukan peta interior beberapa bangunan ke dalam Google Maps.
Ketika Google memperkenalkan Google Maps pertama kali, banyak orang terkesima dengan betapa ambisius dan 'rajin'nya perusahaan ini. Namun sekarang kita tahu, kata 'ambisius' saja tak terlalu pas untuk mereka, mereka jelas lebih dari itu. Lihat saja fitur Google Street, dan kini yang paling baru, proyek Google Maps Indoors.


Google Maps Indoors adalah layanan baru dari Google yang terintegerasi dengan Google Maps, fitur ini bertujuan untuk memetakan isi dari bangunan-bangunan yang dapat kita temukan dalam Google Maps. Saat ini Google Maps Indoors masih dalam proses pengembangan intens, meskipun begitu, kamu yang memiliki sistem Android dapat mencicipi fitur versi betanya dengan mendownload aplikasi Google Maps terbaru di android market (jika sudah punya bisa coba di update).



Yang hebat dari fitur ini (tentu saja selain melihat peta dalam gedung) adalah kemampuannya dalam memata-mataimu didalam bangunan. Aplikasi dapat secara otomatis mengetahui dimana kamu berada, lantai berapa, dan dimana pintu masuk gedung tersebut. Semua ini sebenarnya tak jauh beda dengan fitur My Location dalam Google Maps, namun yang ini disempurnakan untuk versi indoor.
Karena layanan ini masih baru, jangan harap kamu bisa menemukan peta indoor gedung-gedung di Indonesia, namanya saja masih versi beta, bahkan di negara asal merekapun, gedung yang sudah didata masih dapat dihitung dengan jari. Berikut adalah bangunan-bangunan yang sudah dapat dilihat isi perutnya oleh Google Maps ini (baru Amerika Serikat dan Jepang):
  • Mall of America, IKEA, The Home Depot, select Macy’s and Bloomingdale’s, Daimaru, Takashimaya dan Mitsukoshi locations dan lebih banyak lagi.
  • Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport (ATL), Chicago O’Hare (ORD), San Francisco International Airport (SFO) dan Narita International (NRT).
  • JR dan Tokyu Corporation

sumber

0 comments:

Posting Komentar