Senin, 14 Januari 2013

Takoyaki, Jajanan Pinggir Jalan Khas Jepang



Kalau di Korea punya teokpokki sebagai jajanan pinggir jalannya, di Jepang punya takoyaki. Takoyaki merupakan jajanan pinggir jalan atau street snacks yang banyak ditemukan di warung pinggir jalan di Jepang. Apa sih takoyaki itu?

Takoyaki merupakan jajanan khas Jepang berbentuk bulat yang terbuat dari tepung yang di dalamnya berisi tako atau gurita. Tatapi biasanya para penjual menyediakan isian yang beraneka ragam untuk diisi di dalam tepung bulat ini selain gurita, seperti keju, kepiting, ayam, udang, sapi, dan kornet.

Takoyaki ini berbentuk bulat karena dimasak di atas cetakan khusus yang berbentuk bulat. Biasanya para penjual menjualnya dengan gerobak yang mangkal di sekitar pusat perbelanjaan. Meski dengan gerobak, penjual tetap menyediakan kursi bagi para pembeli yang ingin duduk santai sambil menikmati takoyakinya.

Di Indonesia, penjual takoyaki sudah banyak bermunculan loh . Bahkan hingga ke luar daerah, seperti Semarang, Solo, Surabaya, Riau, dan kota besar lainnya. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk paket. Satu paket bisa berisi 4 atau 6 buah takoyaki dan dikemas dalam plastik.

Harga Takoyaki dimulai dari Rp. 8.000 untuk porsi 4 buah Tokoyaki.






0 comments:

Posting Komentar